Sebagian dari kita pastinya ingin memiliki sebuah hunian yang dilengkapi dengan kolam renang bukan? Lantaran sangatlah mengasyikkan jika tempat tinggal kita terdapat kolam renang. Bisa sebagai tempat untuk bersantai, dan tentunya berenang. Terlebih untuk kamu yang bercita-cita menjadi atlet renang. Sehingga untuk latihan tak perlu pergi ke kolam renang umum, cukup di rumah saja.

kolam renang

Terlepas dari itu, kolam renang juga dapat mempercantik tampilan hunian kita. Namun, bagaimana dengan hunian yang berbentuk minimalis modern? Apakah bisa mengaplikasikan kolam renang? Jawabannya adalah bisa. Walaupun memiliki lahan yang terbatas, hunian minimalis juga dapat memilikinya. Berikut langkahnya:

Langkah pertama yakni ketika kamu mendesain hunianmu dengan kolam renang, kamu harus wajib mengetahui sisa lahan yang tersedia. Sisa lahan itulah yang nantinya akan disulap untuk lokasi kolam renang. Sebaiknya, sisa lahan tersebut berada di belakang hunianmu. Lantaran jika terletak di belakang, kamu bersama keluarga akan lebih nyaman saat menggunakannya.

Selanjutnya, kamu harus memperhatikan desain kolam renang, yang dimana sesuai dengan konsep desain rumahmu. Supaya kolam renang kamu terlihat luas, sebaiknya di desain memanjang, atau persegi panjang. Dan alangkah baiknya juga dibangun berdekatan dengan kamar mandi. Ini bertujuan untuk mempermudah kamu dalam berganti pakaian, ataupun mandi setelah berenang. Tak mungkin bukan kamu basah-basahan masuk kedalam rumah? pastinya nanti hunian kamu akan terlihat berantakan, dan tentu saja bahaya, lantaran dapat membuat lantai menjadi licin.

taman kolam renang

Supaya kolam renang kamu terlihat lebih indah, di sekitarnya dapat kamu tanami dengan rumput, atau tanaman hias. Untuk mempercantiknya lagi, kamu bisa melengkapi dengan menata meja dan kursi yang berbentuk minimalis, tentunya untuk tempat kita bersantai. Lengkapi pula dengan patung dan air mancur untuk lebih memperindah. Satu hal lagi yang penting, jangan lupa memberikan penyaringan pada kolam renang kamu. Pada umumnya, bak penyaringan menggunakan dua bak. Pada bak pertama, berisi ijuk yang berguna untuk tempat penampungan air bersih. Sedangkan bak kedua, berisi batu gamping yang berfungsi untuk filter air. Dengan bantuan pompa hisap maupun pompa dorong, air kotor yang berada di dalam kolam renang, akan berganti dengan air bersih. Tak kalah pentingnya dari bak penyaringan, kamu juga harus memberikan perputaran air yang juga turut mengantakan oksigen. Hal tersebut dapat mencegah munculnya lumut pada dasar kolam.

fondasi kolam renang

Ohiya, dalam membangun kolam renang, kamu juga harus memperhatikan kekuatan fondasinya, berupa ketebalan dinding beton kolam, dan juga pada dasar kolam. Konstruksi ini sebagai kekuatan penuh dari cor beton yang nantinya akan digunakan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kondisi tanah. Jika struktur tanah di hunian kamu begitu lunak, atau sering bergeser, maka kamu harus menambahkan tiang pancang untuk memperkuat.

 

Begini Caranya Memiliki Kolam Renang Di Rumah Minimalis
Tagged on: